Babinsa Koramil 0814/18 Jogoroto Terima Laporan Bom

3

Jombang. Warga di Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim), dihebohkan dengan penemuan sebuah bom dengan berat mencapai lebih dari 80 kilogram, Selasa (6/2/2018) siang. Bom yang diperkirakan masih aktif tersebut kemudian dievakuasi oleh Tim Jihandak dari Polda Jatim.

Selasa siang, warga Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mendadak gempar. Pasalnya, sebuah bom yang berukuran cukup besar ditemukan di sekitar halaman belakang rumah salah seorang warga. Bom dengan panjang 60 centi dan diameter 50 centimeter tersebut diduga masih aktif dan mengeluarkan bau belerang. Karena takut meledak, warga kemudian bergegas melaporkan temuannya ini kepada polisi.

Ashar (35), warga yang menemukan bom mengaku, bom yang beratnya mencapai 80 kilogram ini ditemukannya secara tidak sengaja. Awalnya, Ashar dan teman-temannya sedang menggali tanah untuk keperluan menguruk kandang kambing miliknya. Namun saat berada di kedalaman setengah meter, mata cangkul ashar tiba-tiba mengenai sebuah benda keras. Setelah diperiksa dan digali lebih dalam, benda keras ini ternyata adalah bom.

“ Jadi tadi saya menggali tanah pak. Rencana tanah itu buat tanah uruk kandang sapi saya. Ternyata setelah menggali di kedalaman sekitar 60 sentimeter kami menemukan benda semacam besi. Sama teman-teman digali terus. Ternyata kok semakin besar,” ucap Ashar.

Ashar awalnya mengira, besi besar yang ditemukannya adalah besi sisa las. Namun setelah diamati lebih dalam, dia pun menyimpulkan bahwa benda yang ditemukannya itu adalah bom yang masih aktif. “Terbukti dengan bau belerang yang masih sangat menyengat dari benda tersebut. Terus saya lapor ke RW dan dilanjutkan dengan melapor ke Babinsa setempat,” katanya.


Polisi yang datang ke lokasi menduga bom ini merupakan peninggalan atau sisa perang zaman Belanda. Dilihat dari beratnya yang mencapai lebih dari 80 kilogram, diperkirakan bom ini memiliki daya ledak yang sangat tinggi.
“ Kami sudah berkoordinasi dengan Jihandak untuk segera mengamankan temuan mortir ini. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di wilayah ini,” ucap Kapolsek Jogoroto, AKP Samiyanto.

Agar tidak membahayakan warga, Tim Jihandak dari Polda Jatim kemudian mengamankan dan mengevakuasi bom tersebut. Polisi juga telah memasang garis polisi di sekitar lokasi penemuan bom tersebut untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Babinsa Koramil 0814/18 Jogoroto Terima Laporan Bom