Babinsa Koramil 0814/10 Mojoagung Cek Kebersihan Ayam Petelur

3(1)

Jombang. Seorang Babinsa adalah membina teritorial. Ia menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Ia dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya.

Kegiatan berkunjung ke warga dalam kegiatan deteksi dini kerawanan yang ada menjadi salah satu tugas babinsa Koramil 0814/10 Mojoagung, Seperti kegiatan rutin dilakukan Babinsa Desa Kedunglumpang Sertu Mardiono mengunjungi peternak ayam di dusun Gedangan Desa Kedunglumpang Kecamatan Mojoagung, Kamis (24 Januari 2019).

Sertu Mardiono menghimbau kepada pemilik ternak ayam sebagai pensuplai kebutuhan daging bagi masyarakat agar meminimalisir dampak pencemaran lingkungan sebagai akibat dari usaha peternakan ayam petelur. Yang penting masyarakat tidak merasa terganggu akibat bau tidak sedap yang timbul sehingga tidak menimbulkan keresahan di masyarakat. Himbauan Babinsa tersebut disampaikan pada saat komsos dengan pemilik peternakan ayam milik Bapak Lasiran.

“ Kegiatan Komsos yang dilaksanakan oleh Babinsa tersebut adalah guna memeriksa kondisi kebersihan di kandang milik Bapak Lasiran. Babinsa mengatakan bahwa tidak hanya manusia saja yang menginginkan rumah yang nyaman, kesehatan kandang ayam juga harus dibuat nyaman agar ayam tidak stress dan dapat berproduksi dengan optimal,” tuturnya.

Peternakan ayam petelur mempunyai peranan yang cukup besar dalam mendukung ekonomi masyarakat pedesaan karena memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan dan pemeliharaannya relatif lebih mudah dan pemeliharaannya relatif lebih mudah belakangan ini usaha ternak ayam petelur semakin digemari, ternak ayam petelur kini banyak diusahakan secara semi intensif dan intensif. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Babinsa Koramil 0814/10 Mojoagung Cek Kebersihan Ayam Petelur