Babinsa Koramil 0814/04 Gudo Bersama Poktan Pasang Rumah Burung Hantu, Antisipasi Serangan Hama Tikus

 2
Jombang.  Demi memperoleh hasil panen yang maksimal, Koramil 0814/04 Gudo Kodim 0814 Jombang melalui Babinsa bersama Pok Tani Dusun Kemuning turun ke sawah dalam mengantisipasi adanya hama tikus di area persawahan di Dusun Kemuning, Desa Tanggungan, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (24/01/2018).
Dalam kegiatan tersebut, Babinsa Desa Tanggungan, Kopka Witono bersama Pok Tani, Suroso bersama anggota dengan dibantu perangkat Desa Tanggungan, memasang rumah-rumahan bagi burung hantu. Rumah-rumahan tersebut dipasang di tengah sawah dengan ketinggian kurang lebih lima meter dari permukaan tanah.
Menurut Kopka Witono, nanti dengan sendirinya burung hantu akan menempati rumah-rumahan tersebut. Dan burung hantu itu yang akan memburu hama tikus di area persawahan di malam hari. “ Ini salah satu cara untuk meminimalisir serangan hama tikus, selain menggunakan dengan obat hama,” terang Babinsa Tanggungan, Kopka Witono.
Sementara itu Danramil 0814/04 Gudo, Kapten Inf Tatok, secara terpisah menjelaskan, bahwa agar tanaman padi tidak diserang hama tikus, maka dibuatlah rumah-rumahan untuk burung hantu tersebut. Nantinya burung hantu akan singgah dan menempati di rumah-rumahan itu. Di siang hari burung hantu akan tidur, di malam harinya akan berburu tikus.
Di Desa Tanggungan, terdapat lima rumah-rumahan yang sudah di dirikan di area persawahan. Di Dusun Tanggungan ada dua, Dusun Karang Pakis ada satu dan di Dusun Kemuning terdapat dua. “Semoga dengan terpasangnya rumah-rumahan burung hantu tersebut dapat menghilangkan hama tikus. Sehingga hasil panen bagus dan berlimpah demi tercapainya swasembada pangan,” pungkasnya. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Babinsa Koramil 0814/04 Gudo Bersama Poktan Pasang Rumah Burung Hantu, Antisipasi Serangan Hama Tikus