Babinsa Koramil 0814/01 Jombang Bantu Pemasangan CCTV

4

Jombang. Maraknya aksi teroris yang melakukan aksi teror bom bunuh diri, di sejumlah wilayah di Jawa Timur, membuat Kepala Desa Kepatihan, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, melakukan upaya pencegahan dengan memasang Closed Circuit Television (CCTV). Pemasangan CCTV ini sengaja dilakukan sebagai upaya untuk memantau kondisi wilayah disekitar area Desa tersebut, mengingat area Desa Kepatihan memasuki area yang padat penduduk karena terletak di pusat kota Jombang.

“ Jadi pemasangan CCTV khususnya di Desa Kepatihan ini memang kami canangkan, terkait maraknya aksi teroris di wilayah Jatim akhir-akhir ini,” ujar Kepala Desa Kepatihan, Erwin Pribadi, saat ditemui sejumlah jurnalis, Jumat (18/5/2018).

Pemerintah Desa beserta masyarakat, lanjut Erwin, sengaja menstimulus masyarakat untuk memasang CCTV, sebagai upaya menjaga kemanan dan ketertiban di wilayah Desa Kepatihan.

Kami beserta elemen masyarakat beserta steakholder dalam hal ini tiga pilar mencoba memancing masyarakat untuk mau memasang CCTV, sebagai salah satu elemen pencegahan terkait dengan aksi maraknya terror bom yang akhir-akhir ini terjadi,” ungkap Erwin. Masih menurut penjelasan Erwin, meski tidak mudah mengajak masyarakat untuk bersinergi melakukan pencegahan terhadap tindakan teror, maupun pencegahan terhadap gangguan keamanan di wilayah sekitar, namun hingga hari ini sudah hampir keseluruhan RW di Desa Kepatihan sudah memasang CCTV.

Memang tidak mudah meyakinkan masyarakat, tapi Alhamdulillah dari hampir 34 wilayah RT di Desa kami sudah terpasang. Dan dalam dalam waktu dekat kami akan berkordinasi dengan Kepolisian, untuk melakukan pemantauan keamanan di Desa kami,” paparnya.
Saat disinggung di daerah mana sajakah CCTV itu dipasang, pihaknya menjelaskan bahwa CCTV ini di pasang di sejumlah titik rawan atau daerah-daerah yang dianggap rawan gangguan keamanan.

Tampat yang kami pasang ini tempat-tempat yang dinilai oleh Bhabinkantibmas Polsek Kota, dan Babinsa Koramil 0814/01 Kota rawan terjadi gangguan keamanan, seperti titik-titik rawan kriminalitas, titik-titik rawan teroris, ini tempat yang kami pasang CCTV,” tukas Erwin.

Menanggapi pemasangan CCTV tersebut, Subakin (52) warga setempat, mengaku terbantu dengan adanya pemasangan CCTV yang dilakukan oleh pihak Desa, pasalnya suasana Desa Kepatihan hari ini bisa kondusif dan keamanan lingkungan bisa dikontrol dengan mudah melalui CCTV. Saya mengucapkan trimakasi pada pak lurah karena dengan adanya CCTV, Desa kita jadi lebih aman dari gangguan teroris, gangguan criminal lainnya,” pungkas Subakin. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Babinsa Koramil 0814/01 Jombang Bantu Pemasangan CCTV