Babinsa Koramil 0811/18 Parengan Bantu Pendataan Kartu Tani Di Desa Binaan

 4-1
Tuban-    Dinas Pertanian berencana akan memperluas pemberian Kartu Tani kepada 221 petani di Desa Brangkal kecamatan Parengan penerima subsidi pupuk yang sudah diverifikasi dan bekerja sama Dengan BNI Indonesia SejahteraTani, kartu tersebut dinilai cukup efektif membuat penyaluran pupuk subsidi menjadi lebih tepat sasaran.
 
Adapun kegunaan dari Kartu itu sendiri adalah  merupakan alat transaksi berupa kartu debit yang dapat digunakan oleh para petani untuk membeli pupuk bersubsidi. Dengan data lengkap di dalamnya, maka petani pemegang Kartu Tani akan lebih mudah mendapatkan pupuk bersubsidi. Selain itu, kartu tersebut bisa berfungsi sebagai kartu penjualan hasil panen.
 
Namun manfaatnya tidak hanya sebatas itu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan, bank-bank BUMN akan menggunakan Kartu Tani sebagai data penyaluran Kredit Usaha Rakyat. “Nantinya perbankan BUMN juga akan memverifikasi petani pemegang Kartu Tani agar bisa mendapat Kredit Usaha Rakyat (KUR),” kata Kepala UPTD Pertanian Parengan Linito, Rabu (27/12/2107).
 
Linito juga mengatakan, pemerintah akan menyiapkan payung hukum perluasan Kartu Tani. Rencananya payung hukum itu akan berupa Instruksi Presiden (Inpres). “Untuk memperlancar perluasan program Kartu Tani, pemerintah juga akan menyiapkan penyuluhan,” ujarnya.
 
Sementara itu, Babinsa Koramil 0811/18 Parengan, Serda Muri mengatakan, pihaknya sangat mendukung program ini, karena dirasa cukup efektif membantu para petani di wilayah binaannya. “Semoga dengan kartu Tani ini, para petani dapat terbantu terutama masalah penyaluran pupuk subsidi, sehingga produktivitas pertanian meningkat dan petani semakin sejahtera,” harap Muri.  (Penrem 082/CPYJ)

Related For Babinsa Koramil 0811/18 Parengan Bantu Pendataan Kartu Tani Di Desa Binaan