Babinsa Koramil 0811/02 Palang Dampingi Ori Vaksin Difteri di SMP N 1 Palang

 3

TUBAN – Sersan Dua Sugianto Koramil 0811/02 Palang mendampingi Tim dari Puskesmas Palang yang di pimpin oleh Ibu Umi Khustiyah untuk memberikan ori vaksin difteri pada siswa – siswi SMP N 1 Palang.Jum’at (09/02/2018)

ORI adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya memutuskan transmisi penularan penyakit difteri pada anak usia 1 tahun sampai dengan 19 tahun yang tinggal di daerah kejadian luar biasa (KLB) tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

“ORI akan dilaksanakan sebanyak tiga putaran, dengan interval  0-1-6 bulan. ORI akan memberikan vaksin dengan ketentuan DPT-HB-Hib bagi usia 1 tahun sampai 5 thn, DT  usia 5 tahun sampai 7 tahun, serta TD usia 7 tahun  sampai 19 thn”,.

pelaksanaannya di sekolah masing-masing, mulai dari TK/PAUD, SD/ MI/ Sederajat

SMP/MTS/ Sederajat, SMA /MA/ Sederajat, Perguruan Tinggi / Universitas, Rumah Sakit,  Puskesmas, Posyandu dan Pos Vaksinasi lain yang ditetapkan Puskesmas, ujarnya. 

Babinsa Palang Koramil 0811/02 Palang Serda sugianto mengatakan Penyakit Difteri disebabkan infeksi bakteri Corynebacterium Diptheriae yang dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti sumbatan saluran nafas serta peradangan pada otot jantung bahkan kematian. Ujarnya.

Adapun gejalanya antara lain demam 38, sakit menelan, selaput putih keabu-abuan di tenggorokan,  leher membengkak dan sesak nafas disertai suara mengorok.

“Selain itu, bakteri Corynebacterium diptheriae akan mengeluarkan racun difteri yang bisa membuat peradangan otot jantung dan akhirnya menyebabkan kematian. Pengobatannya yaitu rawat inap di ruangan isolasi, pemberian antibiotik, dan jika perlu diberikan anti racun difteri atau Anti Difteri Serum”.tutupnya.  (Penrem 082/CPYJ).

Related For Babinsa Koramil 0811/02 Palang Dampingi Ori Vaksin Difteri di SMP N 1 Palang