Babinsa Kodim 0811- Kedungmulyo Bantu Petani Perangi Hama Padi

Saturday, June 23rd 2018. | ANEKA ARTIKEL

1(5)

Tuban- Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kedungmulyo Koramil 0811/10 Bangilan Serda Sugiyanto, bersama Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) KecamatanBangilan, Kabupaten Tuban, membantu petani melakukan menyemprot hama tanaman padi, Jum’at (22/06/2018).

Tindakan ini dilakukan terkait dengan ditemukannya indikasi tanaman padi terserang hama wereng, yang menyerang tanaman padi milik para petani. Kegiatan penyemprotan pestisida untuk membasmi hama wereng ini, dilakukan di areal sawah milikanggota Kelompok Tani (Poktan) “Mulya 4”, di Desa Kedungmulyo, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban.Sekitar 30 anggota kelompok tani tersebut melakukan penyemprotan tanaman padi seluas sekitar 25 hektare lebih.

 “Penyemprotan massal ini bertujuan untuk mengendalikan hama wereng yang yang telah menyerang sebagian lahan di Desa Kedungmulyo,” kata Tarji (48),anggota Poktan Mulya 4 yang juga pemilik lahan.

Sementara itu, Babinsa Kedungmulyo, Serda Sugianto mengatakan, pendampingan penyemprotan ini dilakukan guna menghindari merebahnya hama padi di wilayahnya, sehingga diharapkan nantinya petani mendapatkan hasil panen yang baik sesuai dengan target.

“Tahap awal, dilakukan penyemprotan pada lahan sawah seluas 1 Hektar. Tujuannya, untuk mengantisipasi secara dini, agar hama wereng tidak meluas serangannya, dan tanaman padi milik petani dapat terselamatkan dari gangguan hama tersebut,” terangnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya membantu petani dalam mengatasi kesulitan, dengan melakukan pendampingan penyemprotan hama.

“Hal itu terkait dengan peran prajurit dalam ikut serta membantu petani dalam mendukung peningkatan hasil panen, dan dalam turut serta mensukseskan Program Swasembada Pangan Nasional,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Petugas Pengendali Hama, UPTD Pertanian dan Ketahanan Pangan Bangilan. Ditambahkan, dengan adanya, penyemprotan massal tersebut diharapkan hasil panen di Desa Kedungmulyo bisa maksimal.

“Diharapkan,  dengan adanya penyemptotan massal, hasil panen padi di Desa Kedungmulyo bisa tercapai maksimal,” harap Serda Sugianto. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Babinsa Kodim 0811- Kedungmulyo Bantu Petani Perangi Hama Padi