Babinsa Kenanten Koramil 0815/04 Puri Dampingi Petani Perawatan Tanaman Jagung

Petani JagungMOJOKERTO, –Upaya khusus ketahanan pangan dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan tidak hanya terbatas pada komoditas padi, melainkan juga pada komoditas jagung dan kedelai.  Tiga komoditas pangan strategis ini dikenal dengan sebutan Pajale (Padi, Jagung dan Kedelai).

Untuk mencapai hasil optimal, pada setiap tanaman pangan dibutuhkan beberapa faktor, diantaranya tanah yang subur, pengolahan lahan yang baik, benih yang unggul, ketersediaan air yang cukup, perawatan tanaman dan pemupukan yang berimbang, tepat dosis dan jenis.

Mengingat perawatan dan pemupukan tanaman merupakan salah satu hal penting dalam mencapai keberhasilan peningkatan produktivitas tanaman jagung maka Babinsa Kenanten Koramil 0815/04 Puri Kodim 0815 Mojokerto Serda Akhmad Subandi turun langsung melaksanakan pendampingan pemupukan tanaman jagung di Dusun Kenanten Desa Kenanten Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (27/08/2018).

Saat di lokasi kegiatan, Serda Akhmad Subandi mengungkapkan, kegiatan perawatan tanaman jagung dan pemupukan ini berlangsung di lahan seluas 1,2 hektar milik M. Soleh, anggota Poktan Tani Rahayu II Dusun/Desa Kenanten, yang ditanami jenis jagung varietas NK-Perkasa.

“Pemupukan tanaman jagung yang berumur dua minggu ini menggunakan jenis pupuk phonska dan urea yang dosisnya disesuaikan dengan yang dianjurkan PPL setempat,”imbuhnya.

Terpisah Danramil 0815/04 Puri Kapten Arh Aris Tiyono, pendampingan yang dilakukan Babinsa terhadap petani dalam pemupukan tanaman jagung bertujuan untuk membantu sekaligus memotivasi petani di wilayah binaan dalam meningkatkan produktivitas jagung.

“Dengan adanya perawatan dan pemupukan yang berimbang ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas saat panen tiba, yang dengan sendirinya akan menambah penghasilan para petani,” harap Danramil..(Penrem 082/CPYJ).

Related For Babinsa Kenanten Koramil 0815/04 Puri Dampingi Petani Perawatan Tanaman Jagung