Babinsa Kembang bahu Serka Abdul Ghofar Jelaskan Konsep Pemupukan Berimbang

1 (2)

LAMONGAN – Babinsa 0812/05 Kembangbahu Serka Abd Ghofar melaksanakanpendampingan kepada petani dalamrangka melaksanakan pemupukan di lahansawah Milik Bapak Sutaji Desa Tlogoagung Kec Kembang bahu.Selasa(08/01/19).

Program pemerintah khususnya dibidangpertanian adalah dalam bentuk pencapaianswasembada pangan (padi, jagung, kedelai, tebu, dan daging). Namun adabeberapa tantangan yang harus dihadapi yang antara lain adalah Degradasi danPenurunan Produktivitas Lahan, Konversidan Fragmentasi Lahan, Kelangkaan/Keterbatasan Lahan Subur, Variabilitas & Perubahan Iklim, Terbatasnya infrastruktur.

Serka Abd Ghofar menuturkan di dalamkonsep pemupukan berimbang, pemberiansejumlah pupuk untuk mencapaiketersediaan hara-hara esensial yang seimbangdan optimum kedalam tanah, adalah untuk meningkatkan produktivitasdan mutu hasil pertanian, Meningkatkanefisiensi pemupukan, Meningkatkankesuburan dan kelestarian tanah, sertaMenghindari pencemaran lingkungan dankeracunan tanaman.

Diharapkan dengan pemupukan sesuai status hara tanah, maka kebutuhantanaman dan target hasil (neraca hara) bias tercapai. Adapun penentuan dosispupuk yang sesuai status hara tanah dankebutuhan tanaman ditetapkan dengan ujitanah. Pengelolaan bahan organic danpupuk hayati dapat meningkatkan efisiensidan efektivitas pupuk anorganik.

Pupuk berimbang “bisa” tetapi “tidaksama” dengan pupuk majemuk (disesuaikan status hara tanah, produktivitas padi atau varietas), dimana formula pupuk majemuk harus bersifat “spesifiklokasi” (sesuai status hara danproduktivitas). Pupuk majemuk tetapmemerlukan “Tambahan” pupuk tunggalseperti urea, SP-36 dan/atau KCl. Prinsip.

Pemupukan Berimbang adalah pemupukan dengan empat tepat: (1) Tepat Dosis yaitu sesuai dengan status hara tanah, kebutuhan tanaman, dan target hasil, (2) Tepat Waktu, yaitu Hara tersedia saat tanaman memerlukan dalam jumlah banyak, (3) Tepat Cara, yaitu Penempatan pupuk di lokasi dimana tanaman secara efektif mengakses hara, (4) Tepat Jenis/Bentuk, yaitu Formula pupuk sesuai dengan kondisi tanah dan kebutuhan tanaman. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Babinsa Kembang bahu Serka Abdul Ghofar Jelaskan Konsep Pemupukan Berimbang