Antisipasi Hama, Babinsa Koramil 0815/12 Ngoro Dampingi Petani Penyemprotan Tanaman Padi

Petani Ngoro (1)

Mojokerto – Sebagai langkah mengantisipasi serangan hama atau penyakit pada tanaman padi, Babinsa Kutogirang Koramil 0815/12 Ngoro Kodim 0815 Mojokerto, Sertu Samhudi mendampingi petani melakukan kegiatan penyemprotan tanaman padi di Dusun Mendek Desa Kutogirang Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (02/07/2018).

Saat ditemui di lapangan Sertu Samhudi mengatakan bahwa penyemprotan tanaman padi di lahan padi seluas 0,6 hektar milik Dirjo, anggota Poktan Tani Mendek, bertujuan untuk menjaga tanaman padi agar terhindar dari gangguan hama.

Bila terbebas dari hama, maka pertumbuhan tanaman padi akan lebih optimal yang pada akhirnya dapat memproduksi hasil panen seperti yang diharapkan para petani dan petani tidak mengalami kerugian, terangnya.

Seperti diketahui bersama, penyemprotan yang baik dilakukan pada pagi hari antara pukul 08.00 hingga menjelang pukul 10.00, karena saat itu air embun mulai hilang dan mulut daun mulai terbuka sehingga cairan pestisida/insektisida lebih diserap tanaman padi.

Sedangkan penyemprotan pada sore hari, waktu yang tepat sekitar pukul 15.00 hingga menjelang pukul 17.00 karena saat itu wereng atau hama menetap pada pangkal batang padi.

Perlu diperhatikan juga, jangan melakukan penyemprotan pada saat akan turun hujan dan ketika matahari menyengat, karena di kala itu wereng atau hama dan sejenisnya akan bersembunyi sehingga akan kesulitan untuk kontak langsung dengan insektisida.  (Penrem 082/CPYJ).

Related For Antisipasi Hama, Babinsa Koramil 0815/12 Ngoro Dampingi Petani Penyemprotan Tanaman Padi