Ada Perubahan Didesanya, Ini Tanggapan Djoeari Sang Kepala Desa

1 (2)

KEDIRI. Keberadaan TNI dan dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri di Desa Blimbing selama sebulan penuh, Kepala Desa Blimbing, Djoeari menanggapi terkait adanya perubahan yang cukup menonjol di desa yang dipimpinnya. Secara langsung, Djoeari menyampaikan tanggapannya kepada Penrem 082, sesuai dengan apa yang ia lihat dan dengar langsung. senin (5/11/2018)

Perubahan di desanya, Djoeari mengucapkan terima kasihnya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri yang telah mendukung pendanaan pembangunan jalan lintas desa dan renovasi RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) yang saat ini sudah tiga pekan lamanya berlangsung. Djoeari juga menyatakan terima kasihnya kepada TNI yang berperanbesar dalam merubah wajah desanya.

Djoeari beranggapan, pembangunan jalan lintas desa yang menghubungkan Desa Blimbing dengan Desa Jugo, sudah dapat dipastikan akan mengurangi beban pengeluaran BBM, sekaligus mempersingkat waktu tempuh. Sebelumnya, warga harus memutar melewati jalan raya Kediri menuju Tulungagung atau berbelok jauh sekitar 36 km.

Sedangkan bila pembangunan jalan sudah dinyatakan selesai dan sudah diperbolehkan dilewati umum, jarak tempuh tempuh dan waktu perjalanan lebih dekat dan singkat. Jarak jalan desa menuju pembangunan jalan sekitar 4 km dan panjang jalan lintas desa yang saat ini masih dalam proses pembangunan mencapai 1,7 km.

Renovasi RTLH, secara otomatis mengubah bangunan-bangunan milik warganya. Yang dulunya bangunan milik warganya ada yang temboknya rapuh, terbuat dari gedek atau bamboo, genteng rusak atau pecah disana sini, lantai tanah hingga jendela dan pintu yang sudah keropos, kini telah berubah wujud menjadi bagus.

Tercatat 50 unit rumah milik warga Desa Blimbing masuk dalam daftar renovasi RTLH dan renovasi ini dilakukan secara gotong royong antara TNI dengan warga setempat. Bagi Djoeari, sudah pasti warganya senang atas perubahan wujud rumah milik mereka, terlebih perubahan itu terjadi tanpa biaya sepeserpun.

Kegiatan lainnya yang bersifat pendidikan dan pelatihan hingga penyuluhan, ternyata mendapat respon yang cukup luar biasa dari warga Desa Blimbing. Dari pendidikan dan pelatihan ketrampilan, pelatihan olah durian, penyuluhan kesadaran hukum hingga penyuluhan sektor pertanian, kesemuanya mendapat sambutan positif dari warga desanya.

Sebagai Kepala Desa, sudah pasti ia sangat senang dan ikut merasakan kebahagiaan warganya. Semua itu tidak lepas dari tangan dinginnya yang ikut turun membantu pelaksanaannya dengan bergandengan tangan bersama Komandan SSK maupun Komandan SST dilapangan. (Penrem 082/CPYJ).

 

Related For Ada Perubahan Didesanya, Ini Tanggapan Djoeari Sang Kepala Desa