1 (2)(2)JOMBANG. Sebuah capaian perkembangan kemajuan desa kini sangat dahsyat. Bagaimana tidak? Segenap potensi berkembang dengan semakin bagus. Termasuk berbagai inovasi yang ada di desa.  Begitu juga dalam menyambut dan Menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI ke-73 tanggal 17 Agustus mendatang, sebagian besar warga di wilayah Kabupaten Jombang mulai berbenah menghias lingkungannya dengan berbagai dekorasi dan pernak-pernik bertema merah-putih.

Seperti terlihat di Desa Sumberejo, sejumlah aparat desa dibantu warganya bahu membahu mendekor gapura pintu gerbang jalan masuk desa tersebut menjadi lebih cantik. Mereka mengecat sekaligus memasang spanduk bertuliskan “ Dirgahayu 71 Republik Indonesia ”.

Tak terkecuali memasang slogan di bertema kemerdekaan di beberapa titik tempat strategis. Danramil 0814/17 Wonosalam Kapten Inf Sucipto mengatakan, sudah menjadi hal rutin setiap menjelang hari Kemerdekaan RI pemerintah pusat sampai pemerintah desa dan warga melakukan sejumlah persiapan dan penataan lingkungan desa agar terlihat cantik dan bersih. Termasuk di Desa Sumberejo ini ini, kebetulan di lombakan dan pemerintah desa meminta kami untuk menjadi penilai, ujar Danramil saat melaksanakan penilaian, jum’at 10 agustus 2018.

“Selain menghias gapura, kami juga melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan seperti membabat rumput di pinggir jalan dan membersihkan sungai. Sebetulnya kegiatan bersih-bersih adalah kegiatan rutin desa kami setiap hari Jumat yang dikenal dengan sebutan Jumsih, tapi khusus menjelang Hari Kemerdekaan ini kegiatannya lebih istimewa,” kata Sumiatun selaku Kepala Desa Sumberejo.

Lomba Tersebut diadakan di Desa Sumberejo Kecamatan Wonosalam yang terdiri dari tiga dusun yaitu dusun Babatan, dusun Sidolegi dan dusun Sumberejo yang di ikuti 23 RT terdiri dari 4 RW, untuk Kreteria penilaian melingkupi Kebersihan, Kerapian, Kreatifitas, Kebersamaan, Antusias warga. (Penrem 082/CPYJ).

 

Related For