3 Pilar Kecamatan Kabuh Amankan Sedekah Desa Kabuh

ZZ ZZZ
JOMBANG.  3 Pilar Kecamatan Kabuh amankan Sedekah Bumi Dusun Kabuh yang merupakan sebuah acara rutin tahunan yang digelar pasca panen oleh masyarakat desa Kabuh kab. Jombang. Acara ini sudah menjadi warisan leluhur atau tradisi turun-temurun yang dilestarikan oleh masyarakat dusun Kabuh, kecamatan Kabuh, kabupaten Jombang, Jawa Timur.
Antusiasme terlihat dari setiap warga yang berparsipasi aktif membuat Jolen. Sebuah sedekah tumpeng makanan yang luarnya dihias dengan berbagai bentuk menarik untuk di tampilkan dan diarak keliling Desa Kabuh. Harapannya dari setiap lima kepala keluarga membuat kreasi menarik untuk mewadahi tumpeng. Dengan tujuan ungkapan rasa syukur atas panen yang melimpah serta tidak melupakan jasa nenek moyang sebagai pendiri desa.
“ Selain itu, tidak lain tetap kita tujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ungkap Mohammad Soiri, Kepala Desa Kabuh. Momen ini selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kabuh. Antusiasme terlihat dari satu minggu sebelum kegiatan. Masyarakat sudah mencari ide unik tentang kreasi yang akan ditampilkan. Dari sekian banyak kepala keluarga, 25 Jolen terpampang dengan unik untuk siap diarak keliling Desa Kabuh.
Pengamanan dilakukan karena Suasana pecah ketika Jolen sudah mencapai Sendang, terlihat saat modin membacakan doa. Saat itulah masyarakat mengeroyok, berebut dan berjibaku mengambil tumpeng dalam Jolen yang sudah dipandu ketengah lokasi kadangkala belum sampai tempat masyarakat sudah berebut isi jolen, disini kadang ada salah pengertian sehingga terjadi keributan, ujar Kapten Kav Yateman selaku Danramil 0814/07 Kabuh.
Tujuan dilestarikannya budaya ini, tidak lain adalah menjaga uri-uri budaya kegotongroyongan. Selain itu, diharapkan supaya masyarakat lebih peduli dengan lingkungan sekitar dan cagar budaya setempat (Penrem 082/CPYJ)
 
tags:

Related For 3 Pilar Kecamatan Kabuh Amankan Sedekah Desa Kabuh