20 Orang Babinsa Kodim 0811 Tuban Ikuti Pelatihan Alsintan

5-2

TUBAN. Pengembangan sektor pertanian khususnya subsektor tanaman pangan merupakan salah satu strategi kunci dalam memacu pertumbuhan ekonomi di Indonesia, karena selain berperan sebagai sumber penghasil devisa yang besar, juga merupakan sumber kehidupan bagi sebagian besar penduduk Indonesia.

Untuk itu, PT. Rutan dari Surabaya menyelenggarakan pelatihan penggunaan alat mesin pertanian (Alsintan) Rice Transplanter, traktor roda 4 dan alat tanam jagung/kedelai bagi Babinsa dalam rangka Upsus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelaidi Desa Menongo Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan, Kamis (25/5/2018).

Di zaman serba modern Petani tidak mau ketinggalan jaman, dengan itu sebanyak 20 anggota Babinsa Kodim 0811/Tuban turut mengikuti pelatihan alat mesin pertanian (Alsintan) Rice Transplanter, traktor roda 4 dan alat tanam jagung/kedelai  untuk memperlancar Brigade Alat Mesin Pertanian (Alsintan).

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0811 Tuban, Kapten Arh Sudiono saat mendampingi para Babinsanya mengikuti pelatihan menyampaikan bahwa modernisasi alat pertanian khususnya kepada para petani yang ada di wilayah Jawa Timur, khususnya Kabupaten Tuban belum sepenuhnya dapat mengoperasionalkan alat tersebut.

“Pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang cara menggunakan alat mesin pertanianbagi para Babinsa dan Kelompok Petani, karena sebagian besar para Babinsa dan petani belum dapat mengoperasionalkan alat tersebut karena belum tahu cara penggunaanya,” kata Sudiono.

Menurut Sudiono, kegiatan ini sengaja dilakukan agar para Babinsa dan petani dapat menggunakan atau bisa mengoprasikan Alsintan ini,sehingga kedepanya akan membuat usaha pertanian menjadi lebih efisien, produktifitas meningkat dan berujung pada kesejahteraan para petani.

“Seperti Transplanter, sebagai alat penanam bibit padi dengan jumlah, kedalaman, jarak dan kondisi penanaman yang seragam sehingga penanaman padi akan semakin cepat dan bagus,”pungkasnya.(Penrem 082/CPYJ).

Related For 20 Orang Babinsa Kodim 0811 Tuban Ikuti Pelatihan Alsintan