133 Peserta Diklatsar Banser Terima Wasbang Dari Batituud Ramil 0811/17 Senori

 3

TUBAN.  Sabtu, 3 pebruari 2018, sebanyak 133 orang peserta Diklatsar (Pendidikan dan Pelatihan Dasar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser), menerima wawasan kebangsaan (Wasbang) dari Bati Tuud  Koramil 0811/17 Senori,  Pelda Ahmad Mahmudi bertempat di gedung merak  Desa banyurib  Kecamatan senori, Kabupaten Tuban, sabtu (03/02) siang.

Dalam kesempatan tersebut, bati tuud koramil senori memaparkan tentang Empat Pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, serta tiga unsur pokok Wasbang yaitu Rasa Kebangsaan, Paham Kebangsaan, dan Semangat Kebangsaan.

“Rasa Kebangsaan merupakan wujud dari Sumpah Pemuda yang menyatukan tekad menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani diantara negara-negara di dunia. Paham Kebangsaan merupakan komitmen bersama yang benar-benar dilandasi semangat kebersamaan, senasib, dan sepenanggungan. Sedangkan Semangat Kebangsaan merupakan perpaduan antara rasa dan semangat kebangsaan yang terpancar dari kualitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi ancaman,” paparnya.

Dalam ceramahnya  juga menyinggung bahaya Narkoba, seks bebas/pornografi, terorisme, aliran sesat, dan kekerasan/perkelahian yang kian marak di kalangan generasi muda saat ini. Ia juga menyampaikan tentang tren perang saat ini, yaitu Proxy War yang diakui telah terjadi di Indonesia oleh beberapa tokoh Nasional.

“Sasarannya adalah generasi muda untuk menghilangkan rasa nasionalisme, menghilangkan patriotisme, tidak mau menghargai orangtua, cuek, dan tidak peka terhadap lingkungan, sikap dan perilakunya yang tidak mencerminkan budaya bangsa dan egoisme serta kebebasan tanpa batas, sehingga akan mudah dipecah belah dan mudah dikendalikan oleh pihak ketiga,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, ketua PAC GP Ansor kec. Senori, saudara ahmad zaenul asyhar mengatakan, selain materi ke-NU-an, Aswaja dan Kepemimpinan, mereka juga dibekali materi khusus Bela Negara meliputi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan baris-berbaris (PBB).

“Untuk menambah wawasan kebangsaan dan meningkatkan kedisiplinan kita bekerjasama dengan Kodim Tuban dan kegiatan ini juga akan berkelanjutan dan berharap wilayah lain mengikuti,” terangnya.(Penrem 082/CPYJ).

Related For 133 Peserta Diklatsar Banser Terima Wasbang Dari Batituud Ramil 0811/17 Senori